Implementasi Project Based Learning Berbantuan Simurelay pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik
DOI:
https://doi.org/10.24036/wg8p0532Keywords:
Project Based Learning, Simurelay, hasil belajar, instalasi motor ListrikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh implementasi Project Based Learning (PjBL) berbantu Simurelay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Metode penelitian menggunakan desain pre-eksperimen dengan one-group pretest-posttest, melibatkan 30 siswa kelas XI TITL. Data dikumpulkan melalui tes awal (pretest), tes akhir (posttest), dan penilaian keterampilan praktik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan kriteria sedang, ditunjukkan oleh gain score ternormalisasi sebesar 0,4. Sebanyak 78% siswa mencapai ketuntasan belajar (KKTP), sementara 22% belum tuntas. Pada aspek keterampilan praktik, mayoritas siswa berada pada kriteria baik, dengan 18 siswa berkategori "baik" dan 4 siswa "cukup". Temuan ini membuktikan bahwa PjBL berbantuan Simurelay efektif meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa dalam pendidikan vokasi. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran inovatif berbasis teknologi untuk mata pelajaran Teknik
References
[1] R. Anggraini dan Ta’ali, “Penerapan Project-Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 04, no. 02, hlm. 233–241, 2023.
[2] A. Dwiantoro dan I. Basuki, “Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di SMK,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 10, no. 01, hlm. 81–88, 2021, doi: 10.26740/jpte.v10n01.p81-88.
[3] JB. S. Sunaryo, “Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan JB.,” Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 8, no. 1, hlm. 713–722, 2023.
[4] I. Nurhayati, S. I. Haryudo, dan B. Suprijono, “Pengaruh Jobsheet Berbantuan Software Simurelay Berbasis Pembelajaran Proyek Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas XI TITL di SMKN 7 Surabaya,” Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), vol. 5, no. 2, hlm. 145–152, 2023, doi: 10.26740/jvte.v5n2.p145-152.
[5] R. Anggraini dan Ta’ali, “Penerapan Project-Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 04, no. 02, hlm. 233–241, 2023.
[6] E. Wahyuni dan Fitriana, “Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatan Hasil Belajar Perserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 7 Kota Tangerang,” Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, vol. 3, no. 1, hlm. 320–327, 2021, doi: 10.31000/jkip.v3i1.4262.
[7] R. A. Natty, F. Kristin, dan I. Anugraheni, “Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 3, no. 4, hlm. 1082–1092, 2019, doi: 10.31004/basicedu.v3i4.262.
[8] A. M. Made, A. Ambiyar, A. R. Riyanda, M. K. Sagala, dan N. H. Adi, “Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin,” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 4, hlm. 5162–5169, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i4.3128.
[9] P. D. Anggraini dan S. S. Wulandari, “Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa,” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), vol. 9, no. 2, hlm. 292–299, 2020, doi: 10.26740/jpap.v9n2.p292-299.
[10] N. Farhin, D. Setiawan, dan E. Waluyo, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD melalui Pembelajaran Berbasis Proyek : Studi Kasus di SD Sukosari,” Jurnal Penelitian Tindakan, vol. 1, no. 2, hlm. 132–136, 2023.
[11] A. Dwiantoro dan I. Basuki, “Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di SMK,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 10, no. 01, hlm. 81–88, 2021, doi: 10.26740/jpte.v10n01.p81-88.
[12] A. Arianto, P. Putra, B. Suprianto, dan T. Rijanto, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Kejuruan Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berintegrasi Software Simurelay,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 05, no. 02, hlm. 284–297, 2024.
[13] S. A. Aziz dan K. Nurachadijat, “Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa,” Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), vol. 3, no. 2, hlm. 67–74, 2023, doi: 10.54371/jiepp.v3i2.273.
[14] F. R. Haq dan Elfizon, “Penerapan Model Project-Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik,” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 3, no. 2, hlm. 73–80, 2022, doi: 10.24036/jpte.v3i2.194.
[15] I. Magdalena, A. Hidayah, dan T. Safitri, “Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas Ii B Sdn Kunciran 5 Tangerang,” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 3, no. 1, hlm. 48–62, 2021.
[16] D. N. Avivah dan Usmeldi, “Keterampilan Siswa dalam Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik Menggunakan Model Project-Based Learning,” vol. 04, no. 02, hlm. 543–547, 2023.
[17] I. Nurhayati, S. I. Haryudo, dan B. Suprijono, “Pengaruh Jobsheet Berbantuan Software Simurelay Berbasis Pembelajaran Proyek Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas XI TITL di SMKN 7 Surabaya,” Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), vol. 5, no. 2, hlm. 145–152, 2023, doi: 10.26740/jvte.v5n2.p145-152.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Electrical Vocational Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain the copyright. Articles are licensed under an open access Creative Commons CC BY 4.0 license, which means all papers can be downloaded, shared, and reused without restriction, as long as the original authors are properly cited. These conditions allow for maximum use and exposure of the work, while ensuring that the authors receive proper credit.
In exceptional circumstances, articles may be licensed differently. If you have a specific condition (such as one linked to funding) that does not allow this license, please mention this to the editorial office of the journal at submission.